Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media Di 2018


Sosial Media merupakan salah satu sarana berkomunikasi dan berinteraksi secara online dan dapat digunakan untuk Digital Marketing. Sebagai Salah satu negara yang memiliki pengguna situs jejaring sosial media terbanyak di dunia. Pada saat ini di indonesia, Siapapun bisa dengan mudahnya membagikan konten berupa tulisan, gambar, video dan suara melalui Sosial Media. Maka dari itu tidak heran bahwa jejaring sosial saat ini digunakan sebagai alternative bagi setiap pemilik bisnis untuk memasarkan produk atau memperkenalkan bisnisnya.

Saat ini sosial media dijadikan sebagai tool marketing yang efektif untuk membantu strategi pemasaran pada sebuah bisnis atau perusahaan. Jika anda ingin melakukan pemasaran menggunakan sosial media, tentunya anda harus memiliki Strategi agar usaha anda berhasil. 

Agar upaya yang anda lakukan tidak sia-sia. Dalam panduan ini anda akan mempelajari seperti apa strategi pemasaran social media yang baik dan ampuh.

1. Tentukan Sosial Media Yang Ingin Digunakan Untuk Pemasaran



Gambar diatas adalah hasil riset sosial media dengan penggunan dan keaktifan tertinggi tahun 2018, urutan 1 dan 2 terbesar ialah Youtube dan Facebook.

“Berarti Youtube dan facebook yang paling baik dong digunakan?”Jawabannya, Belum Tentu. Karena semua itu tergantung dari oleh audiens dan industri anda. Contohnya:
  • Target PasarAnda Berusia Muda.



Berdasarkan gambar di atas, Seperti grafik di atas, Twitter lebih populer di golongan usia 18-35 tahun.

Pengguna Twitter Indonesia lebih tertarik dengan konten-konten singkat dan bersifat santai. Di sisi lain, banyak pula pengguna Twitter yang lebih suka dengan link ke website. Jadi, lihat kembali apa yang anda pasarkan dan seperti apa konten anda. Kalau apa yang anda promosikan bisa dikonsumsi dalam 140 Karakter atau bisa menarik orang lain untuk mengunjungi website anda, gunakan Twitter.

Karena tidak ada filter, menjangkau follower di Twitter lebih mudah dibandingkan Facebook. Maka dari itu, frekuensi konten di Twitter sebaiknya lebih tinggi daripada Facebook.

  • Apa yang anda pasarkan bisa disajikan dalam foto yang bagus di instagram
Kalau anda tidak bisa menyediakan foto yang indah atau kalau sesuatu yang anda pasarkan tidak mampu dijadikan foto, jangan gunakan Instagram. Golongan usia di Instagram juga saat ini lebih rendah. Berdasarkan grafik di atas, pengguna Instagram di Indonesia yang berusia lebih dari 45 tahun hampir tidak ada.

  • Anda punya konten di website dan ingin mendapatkan peringkat tinggi di Google
Gunakalah Google+. Yang unik dari Google+, ketika follower anda menggunakan Google Search maka hasil pencarian dari orang-orang yang mereka follow akan mendapatkan peringkat lebih tinggi.Jadi meskipun Google+ tidak ramai, tapi masih layak untuk dipakai.Dalam beberapa industri, ada komunitas di Google+ yang jauh lebih aktif daripada Facebook. Sebaiknya anda coba

2. Membangun dan Menarik Minat Masyarakat

Mungkin salah satu poin penting dari pemasaran melalui social media adalah kemampuannya untuk membangun dan menarik minat masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu manfaat social media adalah sebagai media promosi. Sebagai pemilik bisnis, Anda memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan konsumen baru melalui social media.

Dari situ Anda sudah bisa membangun dan menarik minat mereka melalui komunikasi yang efektif atau konten-konten yang dibagikan.Respon masyarakat terhadap social media akan sangat bervariasi.Mulai dari respon positif hingga negatif bisa dirasakan oleh setiap pemilik akun social media.

Untuk mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, Anda harus memperhatikan cara pemasaran online yang efektif.Salah satunya adalah dengan memberikan konten yang mampu menjawab pertanyaan atau kebutuhan pembaca. Ketika apa yang diinginkan telah sesuai, maka mereka akan tertarik dan mulai menyukai Anda.

3. Membuat Suatu Perkumpulan Dengan Customer

Apabila bisnis Anda sudah memiliki banyak pelanggan, maka ada satu hal yang perlu untuk Anda ketahui yaitu seberapa besar respon konsumen terhadap produk yang Anda jual atau tawarkan agar bisa mengetahui apakah produk pada bisnis Anda bagus atau tidak, maka dari itu Anda perlu untuk melakukan sebuah survey. Namun dalam hal tersebut terdapat kemungkinan yang tidak kita inginkan seperti beberapa pelanggan tida tertarik bahkan tidak ingin mengisi sebuah survey.

Dalam mengatasi hal yang tidak kita inginkan tersebut namun Anda tetap mendapatkan testimonial serta feedback dari para pelanggan terkait dengan produk yang Anda jual maka Anda dapat menciptakan sebuah perkumpulan khusus guna mengumpulkan seluruh konsumen Anda agar mereka bisa mengeluarkan segala keluhan serta apa yang diinginkan terkait mengenai produk yang Anda jual pada satu tempat yang sama.

4. Mengkomunikasikan Pesan Promosi

Mungkin sesekali Anda dapat menulis sesuatu pada jejaring sosial yang berhubungan dengan promosi produk bisnis Anda. Seperti yang sudah direncanakan di awal bahwa penggunaan jejaring sosial ini bertujuan melakukan pemasaran produk. Sehingga dalam hal tersebut Anda tidak perlu untuk menunggu intruksi dari siapapun karena secara otomatis Anda telah melakukan promosi produk dengan sendirinya. Tetapi perlu diingat, pada saat Anda melakukan promosi mengenai produk yang Anda jual, pilihlah waktu yang tepat. Usahakan untuk tidak update status yang berisikan mengenai promosi produk Anda setiap saat, karena hal tersebut dapat membuat followers Anda lama kelamaan akan merasa jenuh kemudian meninggalkan Anda.

5. Atur Jadwal Untuk Sosial Media Semaksimal Mungkin


Social media marketing bukan pekerjaan sekali jalan, tapi berkelanjutan. Tak peduli seberapa pun bagusnya konten anda, kalau hanya dilakukan sekali-sekali tidak akan pernah berhasil. Para follower akan lupa dengan anda. Ada pekerjaan lain yang harus dilakukan, ini beberapa di antaranya:

·         Berinteraksi dengan follower dan influencer
·         Perencanaan konten
·         Analisa statistik dan goal
·         Perencanaan dan eksperimen

Untuk mempermudah prosesnya, silahkan Lakukan Tugas-Tugas ini:

1.   Melakukan monitor kata kunci
2.   Menerbitkan/menjadwalkan konten baru
3.   Mencari bahan untuk konten baru
4.   Mencari orang yang punya banyak follower (influencer)
5.   Berinteraksi dengan influencer
6.   Berinteraksi dengan follower
7.   Membuat gambar untuk konten
8.   Analisa peningkatan dan penurunan yang terjadi
9.   Analisa terhadap goal dan sasaran yang sudah ditentukan
10. Analisa hashtag
11. Optimasi website untuk social media
12. Membuat goal baru
13. Update foto profil, deskripsi, bio
14.Melakukan penyesuaian terhadap frekuensi dan jadwal posting

Itulah beberapa Pejelasan dan Strategi yang dapat Anda terapkan dalam Digital Marketing
yang ingin anda Jalani. Jika ada kekurangan Mohon Maaf, Trimakasih telah berkunjung !



Comments